Waspadalah Jika Pemutih Wajah Anda Mengandung Bahan Ini

Budayakan untuk selalu membaca label pada produk pemutih wajah untuk mengetahui apakah aman atau tidaknya baha yang terdapat pada pemutih wajah.

Wajah sering dihubungkan dengan kecantikan dan kebahagiaan. Atas dasar inilah membuat banyak wanita berlomba untuk memutihkan kulit wajah mereka. Namun, tanpa disadari bahwa tidak sedikit produk pemutih wajah yang banyak beredar mengandung bahan yang membahayakan kesehatan pengguananya.

pemutih wajah

Kandungan pemutih wajah


Mengenal Lebih Dekat Bahan Yang Terdapat Dalam Cream Pemutih


Melanin – Pigmen Penentu Warna Kulit

Sama halnya dengan warna mata atau warna rambut, warna kulit manusia juga ditentukan oleh kadar pigmen yang bernama melanin. Keberadaan melanin di pengaruhi karena faktor keturunan serta tingkat paparan sinar matahari. Kulit yang terlalu sering terkena sinar matahari dapat menstimulasi produksi melanin yang kemudian membaut kulit menjadi lebih gelap.

Pengaruh buruk dari sinar ultraviolet, dapat terminimalisir dengan keberadan melanin yang banyak. Hal ini karena sifat dari melanin yang menyerap serta menghilangkan pengaruh buruk ultraviolet dari permukaan kulit. Dengan kadar paparan cahaya matahari yang sama, maka orang dengan kulit putih 10 kali lebih beresiko terkena penyakit seperti kanker kulit daripada orang dengan kulit yang gelap.

Mencermati Cara Kerja Produk Cream Pemutih

Pada dasarnya, bahan-bahan yang terdapat dalam cream pemutih berfungsi untuk mencerahkan warna kulit dengan jalan menghambat produksi melanin sehingga kadar melanin menjadi berkurang. Alhasil, jika kadar melanin berkurang maka warna kulit menjadi lebih cerah dan putih.

Yang perlu menjadi perhatian adalah bahwa setiap produk cream pemutih diproduksi dengan bahan-bahan yang mampu menghambat produksi melanin. Jika produksi melanin berkurang, maka kulit akan menjadi lebih sensitive terhadap sinar matahari. Untuk meminimalisir sensitivitas kulit terhadap sinar matahari, maka anda bisa menggunakan cream pemutih yang mengandung SPF diatas 35.

Mencermati Bahan Berbahaya Yang Terkandung Dalam Produk Cream Pemutih


Merkuri (air raksa)

Merkuri atau yang kita kenal dengan air raksa merupakan logam yang dalam kondisi normal berbentuk cairan keabu-abuan yang tidak larut dalam air tetapi larut dalam asam nitrat. Merkuri berperan dalam pengelupasan epidermis kulit. Jika digunakan dalam jangka panjang, maka dapat menyebabkan :

  1. Kerusakan sistem saraf, fungsi ginjal, dan timbul masalah psikologis.
  2. Kelainan pada fungsi otak janin dari ibu pengguna cream pemutih berbahan merkuri.

Hidrokinon

Hidrokinon adalah bahan kimia yang biasa digunakan pada proses cuci cetak foto serta berguna sebagai zat penstabil dalam cat, pernis, minyak, dan bahan bakar kendaraan. Di Indonesia, produk pemutih yang mengandung hidrokinon dilarang penggunaannya sejak tahun 2008 melalui Peraturan Kepala Badan POM Republik Indonesia Nomor : HK.00.05.42.1018 tentang Bahan Kosmetik dimana kandungan hidrokinon pada produk pemutih tidak boleh sama sekali digunakan.

Penggunaan hidrokinon dengan kadar yang tinggi dan terus menerus maka bisa memicu:

  1. Hiperpigmentasi yaitu suatu proses menggelapnya warna kulit karena pertambahan kadar melanin. Bercak hitam menjadi salah satu contoh kondisi hiperpigmentasi.
  2. Vitiligo merupakan suatu kondisi menghilangnya pigmen kulit secara keseluruhan karena akibat matinya sel melanosit yaitu sel penghasil melanin. Ciri utama vitiligo adalah dengan munculnya bercak-bercak berwarna putih pada kulit.
  3. Okronosis eksogen merupakan suatu kondisi kulit menjadi berwarna biru kehitaman. Umumnya kondisi ini disebabkan karena penumpukan homogentisic acid.

Steroid

Steroid biasa disebut dengan corticosteroid yang merupakan bahan yang biasa digunakan untuk mengurangi peradangan, seperti kulit yang memerah dan gatal-gatal. Jika dikonsumsi dengan kadar yang tinggi atau secara berkelanjutan, maka steroid yang tergolong kuat ini bisa menyebabkan penyakit katarak serta pelemahan tulang.

Khususnya untuk kulit, pengaruh dari penggunaan steroid adalah penipisan pada lapisan kulit. Yang terjadi adalah, jika kulit menjadi terlalu tipis, maka orang tersebut akan lebih mudah terluka atau tergores. Steroid yang dioleskan pada kulit bisa terserap oleh tubuh kemudian masuk ke dalam pembuluh darah. Pengaruh lainnya adalah:

  1. Telangiektasis yaitu suatu kondisi dimana pembuluh darah kapiler terlihat pada permukaan kulit karena tipisnya lapisan kulit.
  2. Jerawat
  3. Memperlambat penyembuhan pada luka

Rhododenol

Rhododenol merupakan bahan kimia alami dari kulit pohon birch putih yang mampu mengurangi produksi melanin. Bahan ini sempat di sahkan oleh badan kesehatan jepang dan digunakan pada produk kosmetik di jepang, namun karena sudah terbukti memberikan pengaruh yang buruk, maka ijin edar bahan ini di jepang sudah di cabut pemerintah jepang.
Walaupun demikian, produk-produk yang rhododenol sempat beredar di Indonesia dan pada akhir 2013 sudah ditarik dari pasaran karena sudah terbukti memberikan pengaruh negative pada kulit seperti bercak putih pada kulit.

Kombinasi hidrokinon, kortikosteroid, dan retinoic acid

Kortikosteroid dan retinoic acid sering digunakan dalam pengobatan beberapa masalah kulit seperti hiperpigmentasi. Tetapi jika dalam penggunaannya dicampur dengan hidrokinon, maka produk tersebut dapat membahayakan penggunannya. Jika digunakan dalam jangka yang panjang, maka dapat menyebabkan penipisan kulit dan membuat kulit menjadi merah muda.

Itulah bahan bahan berbahaya yang sering ditemukan dalam produk pemutih. Pastikan anda selalu membaca label yang terdapat pada produk pemutih wajah untuk mengetahui keberadaan bahan-bahan tersebut. Namun, anda tidak perlu khawatir jika ingin menggunakan pemutih wajah, perkenalkan syma, cream pemutih wajah yang mengandung bahan alami yang sangat aman untuk digunakan.

Kandungan Yang Aman Ada di Cream Pemutih Syma

Cream pemutih yang aman dari bahan dari bahan-bahan berbahaya di atas adalah Cream Syma. Cream Syma sangat kami rekomendasikan untuk anda yang ingin memutihkan dengan nyaman tanpa perlu rasa khawatir. Apa saja bahan yang terdapat dalam cream pemutih syma? Simak penjelasan berikut ini.

Cream Pemutih wajah

Pemutih wajah alami

Syma Day Cream

  1. L-Gluthathione Powder
  2. Pearl Powder
  3. Mineral Oil
  4. Titanium Dioxide
  5. Beeswax
  6. Isononyl Isononanoate
  7. Kandungan bahan dalam syma day cream with spf35

Syma Night Cream

  1. Deionised Water
  2. Mineral Oil
  3. Glyceryl Stearate
  4. Cetearyl
  5. Cetyl
  6. Isopropyl Palmitate
  7. Arbutin
  8. Licorice Extract
  9. Aloevera Extract
  10. Mulbery Extract

Syma Beauty Soap

  1. Gluthathione
  2. Glycerin
  3. Cocos Nucifera (Coconut)
  4. Momordica Charantia Fruit Extract
  5. Oil
  6. Fragrance
  7. Sodium PCA
  8. Germall Plus

Syma Beauty Miracle Serum

  1. Gluthatione
  2. Arbutin
  3. Licorice Extract
  4. Vit C & E
  5. Anti-jerawat
  6. Collagen
  7. Pelembap kulit yang kering

Mau nunggu apalagi, bagi anda mom, bunda, sis yang ingin memutihkan wajah dengan sehat dan aman tanpa rasa khawatir apapun, silakan gunakan cream pemutih syma atau hubungi kami di WA 081916863724 BB D30F5651

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!