Menyusui Saat Hamil : Bolehkah?

Menyusui saat hamil – Belum lama melahirkan dan anda harus memberikan ASI ekslusif pada bayi, lalu tiba-tiba Anda dinyatakan postif hamil lagi, rasanya menjadi sesuatu banget. Lalu yang menjadi pertanyaan adalah, apakah boleh menyusui saat hamil?

menyusui saat hamil muda

Menyusui saat hamil bolehkah

Menyusui saat hamil bolehkah?

Berikut jawaban yang diberikan seorang pakar asi dari rumah sakit St. carolus Jakarta, dr. Eveline PN, SpA , bahwa jika dokter menyatakan kehamilan anda dalam keadaan sehat maka anda bisa terus untuk menyusui. Kenapa demikian, karena secara alami tubuh akan memberikan prioritas zat gizi pada Janin yang sedang tumbuh kembang tanpa harus mengurangi porsi dari untuk membentuk ASI. Dari beberapa penelitian menunjukan bawah sepanjang ibu hamil sehat, maka ASi yang diberikan tidak akan memicu keguguran atau persalinan premature. Hormone aksotosin yang dilepas tubuh saat menyusui yang dikhawatirkan akan merangsang kontraksi rahim tidak akan mampu memicu persalinan premature karena rahim memiliki daya tahan yang kuat untuk mencegah efek dari hormon oksitosin.

Panduan menyusui saat hamil

Nah, untuk anda ibu hami yang sedang menyusui, berikut ada panduan yang harus anda taati selama hamil dan sedang menyusui.

Anda disarankan untuk terus menyusui jika :
– Kehamilan yang anda jalankan dinyatakan sehat serta normal oleh dokter.
– Usia bayi anda masih berada di bawah 6 bulan. Sedangkan rekomendasi dari AmericanAcademy of Pediatrics adalah, memberikan asi setidaknya satu tahun, sedangkan rekomendasi dari WHO memberikan asi setidaknya 2 tahun atau lebih.

Anda disarankan untuk berhenti menyusui jika :
– Kehamilan anda dinyatakan berisiko tinggi oleh dokter, seperti memiliki riwayat keguguran.
– Ada tanda-tanda persalian dini atau kontraksi seperti nyeri pada pinggang bagian bawah, kram, tekanan di dasar panggul, keluar darah, lender, atau air ketuban. Jika hal ini terjadi maka segera berbaring dan hubungi dokter untuk mendapat jalan keluar terbaik.

Point penting dalam menyusui saat hamil

Selain itu, ada point-point yang juga harus anda perhatikan selama hamil sekaligus menyusui. Apa saja point-point tersebut? Berikut point yang harus anda perhatikan.

– Kontraksi rahim (sering di khawatirkan menjadi keguguran)
selama proses menyusui berlangsung maka akan muncul hormon oksitosin yang mana hormon ini dapat menyebabkan kontraksi pada rahim dan payudara. Konstraksi yang disebabkan oleh hormon ini tidak terlalu berdampak pada rahim selama masa kehamilan, tidak sampai menyebabkan kelahiran bayi kecuali memang sudah waktunya untuk melahirkan. Ada juga beberapa ibu hamil yang menyusui tidak mampu menahan konstraksi rahim, jika keadaannya sampai seperti ini, maka harus segera dihentikan.

-Khawatir kekurangan gizi
Super ekstra asupan gizi harus didapatkan oleh ibu hamil dan menyusui. Asupan seperti protein dan karbohodrat yang lebih tinggi dibutuhkan oleh seorang ibu yang hamil sekaligus menyusui. Keadaan yang seperti ini jelas membutuhkan tambahan tenaga yang ekstra pula.

– ASI basi?
produksi asi secara perlahan akan berkurang seiring dengan semakin meningkatnya kadar hormon estrogen di dalam tubuh. Rasa asi juga perlahan bisa berubah yang mengakibatkan bayi berhenti untuk meminum asi dengan sendirinya. Jadi tidak ada istilah asi basi, karena selama masih berada dalam tubuh, maka asi tidak bisa basi. Selain itu, kedaan payudara sang ibu juga mengalami peningkatan sensitifitas seperti merasa geli, tidan nyaman atau nyeri ketika sedang menyusu, maka kondisi ini harus segera dihentikan.

– Keadaan fisik dan psikis ibu
kondisi fisik dan psikis yang lelah, muntah, mual lebih baik jangan dipaksakan untuk menyusui, lebih baik diperbanyak untuk istirahat.

– Tetap konsultasikan kepada dokter dan ahlinya
berkonsultasi kepada dokter lebih baik daripada sekedar mendengar perkataan dari orang lain karena setiap orang itu memiliki kondisi yang berbeda-beda. Seperti riwayat keguguran, sudah lama menikah tetapi belum dikarunia anak, kontraksi rah*m ketika menyusui dan lain sebagainya.

Selama pola makan serta asupan gizi sehari-hari anda perhatikan serta mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari, maka bayi yang ada dalam kandungan serta sang bayi yang anda susui akan tetap mendapatkan asupan gizi dengan baik.

Semoga bermanfaat. Bantu sebarkan ke yang lain ya supaya ikut mendapatkan manfaatnya juga.

Menyusui saat hamil, menyusui saat hamil muda, menyusui saat hamil besar, menyusui saat hamil aman, menyusui saat hamil bahaya tidak, menyusui saat hamil 9 bulan, menyusui saat hamil 5 minggu

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!