Panduan Lengkap Melancarkan dan Memperbanyak ASI Secara Alami

Panduan cara memperbanyak asi – Setiap ibu yang menyusui pasti meghadapi masalah dengan asi nya, baik asinya keluar dikit, tidak lancar atau bahkan tidak keluar sama sekali. Asi menjadi penting bagi bayi karena sebagian besar bayi kehilangan hingga 10% berat badannya sejak lahir hingga hari ke empat kelahirannya. Oleh karenanya, asi yang lancar menjadi hal yang wajib untuk di penuhi oleh ibu menyusui.

Panduan cara melancarkan sekaligus memperbanyak asi

Panduan cara melancarkan sekaligus memperbanyak asi

Panduan cara melancarkan sekaligus memperbanyak asi

Bayi yang rutin dan teratur minum asi akan menaikan berat badannya secara teratur juga. Bayi yang mendapatkan asi dengan lancar akan kembali mendapatkan berat badannya di hari ke sepuluh. Jika kondisi bayi anda tetap saja dibawah normal sejak 10 hari kelahirannya, bisa saja produksi asi anda berkurang dan anda harus mencoba unutk meningkatkan kembali produksi asi.

Beberapa dokter di inggris telah mengumpulkan informasi mengenai kasus bayi yang kehilangan berat badannya karena kekurangan asi, dan menurut Dr Oddie kasus bayi yang kehilangan berat badan sudah terjadi sejak 10 hari kelahirannya. Biasanya bayi yang mengalami kasus demikian ditandai dengan rewel dan juga lesu. Pada beberapa bayi juga ada yang mengalaminya sampai parah hingga harus dibawa ke rumah sakit. Yang paling parah bisa sampai menyebabkan kematian.

Dr oddie menyarankan untuk mengatasi masalah bayi yang kekurangan asi sehingga menyebabkan penurunan berat badan maka perlu dilakukan inisiasi menyusui dini dengan didampingi asisten yang terlatih. Menurutnya, susu formula bukanlah solusi untuk mengatasi masalah kekurangan asi ini.

Secara prinsip, produksi asi dipengaruhi oleh dua hormone yaitu prolaktin dan oksitosin. Keberadaan hormon prolaktin sangat berpengaruh terhadap proses pengeluaran asi. Semakin banyak nutrisi yang masuk ke tubuh sang ibu, maka semakin banyak hormone prolaktin yang dihasilkan dan semakin banyak juga produksi asinya.

Berbeda dengan hormone oksitosin. Hormone oksitosin bekerja berdasarkan stimulasi pada put*ng payudara yang dihisap oleh sang bayi. oleh karenanya semakin sering put*ng dihisap maka akan semakin banyak produksi hormone oksitosin dan berdampak pada kelancaran asi keluar.

Penyebab ASI Tidak Keluar atau Keluar Hanya Sedikit


Jika anda bertanya apa yang menjadi penyebab asi tidak keluar atau keluar sangat sedikit, maka sederhana saja jawabannya. Nah, berikut rifara.com sajikan faktor yang mempengaruhi asi tidak mau keluar atau keluar dengan sedikit.

1. Penyumbatan pada saluran Air Susu
Biasanya penyumbatan yang terjadi pada saluran ASI ditandai dengan adanya benjolan kecil yang keras saat dipijat. Hal ini disebabkan salah satunya karena penggunaan bra yang tidak sesuai, pompa asi yang digunakan tidak bagus atau juga karena pemberian asi yang tida tuntas.

2. Kurangnya asupan gizi atau nutrisi yang dibutuhkan
Asupan gizi yang kurang jelas sangat mempengaruhi produksi serta kualitas asi. Oleh karenanya, ibu menyusui harus mengkonsumsi makanan yang bisa melancarkan asi seperti asi booster tea.

3. Stress atau tekanan batin/ pikiran
Asi yang tidak keluar sering disebabkan karena stress ataupun beban pekerjaan, baik dirumah maupun di kantor. Kondisi ini jelas akan mempengaruhi produksi asi, oleh karenanya perlu adanya komunikasi dengan suami maupun lingkungan sekitar.

4. Kecilnya kapasitas penyimpanan ASI
Kapasitas asi tidak ada hubungannya dengan ukuran payudara. Asi yang tidak mau keluar karena asi yang tersimpan dalam payudara tidak dikeluarkan dengan teratur, oleh karenanya, supaya tempat menyimpan asi dalam payudara selalu siap, maka harus rutin untuk di keluarkan baik dengan carai dihisap oleh bayi maupun dihisap oleh suami.

5. Ketidakefektifan Menempelkan Mulut
Kondisi ini biasanya terjadi karena keadaan payudara yang sangat besar sehingga put*ng payudara sulit untuk masuk ke mulut, bayi dengan kelahiran premature, bayi yang sedang sakit ataupun kondisi neurologi yang mengganggu kemampuan bayi untuk menghisap. Solusinya dengan segera konsultasikan dengan dokter anak.

6. Pemberian ASI yang Terjadwal
Bayi yang baru lahir, harus disusui sesering mungkin minimal 2 jam sekali. Kapan si bayi minat untuk menyusui maka segera untuk susui bayinya.

7. Menyusu Hanya Dari Satu Payudara
Jika anda menyusui bayi anda hanya dari satu payudara maka dapat menyebabkan produksi asi anda tidak memadai serta jumlah asi yang diterima menjadi terbatas. Gantilah menyusui dari payudara sebelah kanan jika anda sudah selesai menyusui dengan payudara kiri.

8. Bayi Tidur Lama
Orang tua pasti senang jika bayi nya tidur lama, namun jika anda membiarkan bayi anda tidur lama tanpa menyusu, maka berakibat bayi kekurangan asi. Bangunkan bayi anda setiap 2 jam sekali di setiap malam harinya untuk menyusui.

9. Gaya Hidup si Ibu
Gaya hidup seperti merok*k, minum kafein dan lain sebagainya akan berakibat pada gangguan dalam produksi asi. Oleh karenanya, pilihlah gaya hidup yang sehat.

10. Pasokan ASI yang tidak memadai
Bayi yang kekurangan asi bisa saja disebabkan karena pasokan asi yang memang tidak memadai. Tidak memadainya pasokan asi karena produksi asi yang kurang.

Cara Melancarkan sekaligus Memperbanyak ASI secara Alami Aman untuk Ibu dan Bayi


Untuk menyelesaikan permasalahan ASI yang tidak keluar, atau tidak lancar, ada 3 cara jitu yang bisa anda lakukan untuk melancarkan kembali produksi asi, bahkan bisa melimpahkan produksi asi.

1. Meningkatkan Frekuensi Menyusui, Memompa dan Memeras ASI
Jika ibu semakin jarang menyusui bayi nya maka akan semaki berkurang produksi asi nya sang ibu. Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan supaya asi anda tetap lancar.
• Seringlah untuk menyusui, minimal 8 sampai 12 kali sehari
• Pastikan bayi bisa menempelkan mulut dengan baik pada payudara serta anda bisa mendengarnya saat bayi anda menelan sewaktu ia menghisap.
• Bawalah bayi anda ke tempat tidur dan segera susui dengan berkontak kulit dengan kulit. Anda dapat melakukannya dengan berbaring sambil istirahat.
• Berhentilah menyusui ketika bayi sudah merasa cukup untuk menyusui.
• Jika anda sebagai ibu pekerja, maka anda bisa mensiasati supaya asi bisa keluar dengan lancar dengan bantuan alat pompa asi.

2. Mengurangi Tingkat Stres dengan Breastfeeding Father
Kondisi ibu menyusui yang stress dapat mengakibatkan produksi asi menjadi berkurang. Kondisi stress muncul karena ibu mengalami kondisi yang tidak tenang, tidak senang maupun kurang rilek. Faktor kejiwaan yang lain juga menyebabkan produksi asi berkurang, akibatnya asi yang dihisap sang bayi menjadi sedikit.
Untuk mengurangi stress, maka usahakan setiap ibu menyusui untuk memanjakan diri dengan mandi, bersantai ditempat tidur ataupun yang lainnya. Selalu bangun suasana hati yang nyaman dan menyenangkan supaya produksi asi menjadi lancar dan banyak.

Peran ayah juga sangat penting saat ibu menyusui.
Peranan ayah menjadi penting dalam mendampingi ibu saat menyusui dan hal ini menjadi salah satu komitment seorang ayah terhadap keluarganya. Dukungan ayah sangat berperan penting dalam proses ini, demi melancarkan produksi asi sang ibu.

Asupan gizi yang kurang tepat bisa mengganggu pertumbuhan si bayi. keberadaan susu formula tetap tidak bisa menggantikan asi. Oleh karenanya, dukungan spiritual, moral, fisik serta emosional sangat diperlukan untuk sang ibu menyusui.

3. Konsumsi Minuman Pelancar ASI
Jika usaha diatas masih saja kurang, maka anda perlu melakukan usaha ekstra lagi dengan memilih makanan penambah asi alami. Makanan penambah asi alami rifara.com rekomendasikan untuk menggunakan asi booster tea.

cara-aman-melancarkan-dan-memperbanyak-asi

ASI Booster Tea telah mempunyai izin DEPKES RI 172/1334/2003 serta 100% Herbal
Komposisi/ kandungan dalam ASI Booster Tea dari bahan herbal alami yang aman untuk ibu dan bayi.
• Fenugreek powder (bubuk klabet)
• Fenugreek seed (biji klabet)
• Fennel powder (bubuk adas)
• Fennel Seeds ( biji adas)
• Malunggay (daun kelor)
• ANISE (adas manis)
• Habbatussauda (jinten hitam)

Note: 1 Botol Asi Booster Tea dengan netto 210gram bisa anda konsumsi hingga 1 Bulan. Tergantung Pemakaian. 1 kg muat 3 botol.

Testimoni Asi Booster Tea

testimoni-asi-booster-tea-12
testimoni-asi-booster-tea-11
testimoni-asi-booster-tea-9
testimoni-asi-booster-tea-8
testimoni-asi-booster-tea-7

Demikian panduan lengkap dalam melancarkan dan memperbanyak asi yang wajib untuk diketahui oleh ibu menyusui dan wajib untuk diamalkan terutama cara melancarkan asi yang no 3. Hubungi kami di BB D30F 5651 dan WA Only 08191 6863 724.

Jika bermanfaat, klik SHARE ya supaya yang lain juga banyak mendapatkan manfaatnya juga.

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!