Makanan Pelancar Asi Selain Katuk Pasca Melahirkan

Makanan pelancar asi pasca melahirkan – Bagi bayi yang baru saja lahir, asi menjadi makanan utama dan terbaik untuknya. Selain menjadikan sang bayi menjadi lebih kuat dan sehat, asi juga bisa mempererat hubungan antara ibu dan anak. Yang menjadi pertanyaan, bagaimana jika kondisi asinya tidak lancar? Kemudian bagaimana cara melancarkan asi nya? Berikut jawaban atas pertanyaan di atas.

makanan pelancar asi pasca melahirkan

Makanan pelancar asi selain katuk

Daun katuk – makanan pelancar asi
Dari dahulu, sayur daun katuk sudah dipercaya dapat memberi manfaat terutama dalam melancarkan asi. Karena khasiatnya ini, banyak dari perusahaan farmasi yang membuat ekstrak dari daun katuk untuk dikonsumsi khusus oleh ibu menyusui.

Daun katuk sendiri merupakan tanaman yang tumbuh subur di dataran asia tenggara. Daun katuk banyak mengandung serat, protein, kalium, kalsium, serta berbagai macam vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Cara memasaknya pun cukup mudah. Bisa dibuat menjadi sayur bening atau sebagai campuran pecel.

Berdasarkan penelitian menunjukan bahwa jika mengkonsumsi daun katuk secara berlebihan serta terus menerus maka bisa menimbulkan efek samping seperti sesak napas dan sulit tidur. Kenapa bisa demikian, karena daun katuk mengandung papaver*na, semacam alkalo*d yang biasa terdapat pada can*u. jadi jika untuk melancarkan asi, maka anda bisa mengkonsumsi daun katuk seperlunya saja dan bisa juga di selingi dengan sayuran lain.

Kacang tanah – makanan pelancar asi
Kacang tanah biasa kita makan sebagai cemilan. Tapi siapa yang menyangka jika kacang tanah bisa memberikan stimulasi ASI. Kandungan kacang tanah terdiri dari protein, zat besi, kalium, kalsium serta vitamin E, B, A dan K. dalam beberapa penelitian menunjukan bahwa jika kadar protein yang terdapat dalam kacang tanah jauh lebih tinggi dibandingkan di telur atau daging. untuk mengkonsumis kacang tanah sebagai makanan pelancar asi cukup mudah saja, anda bisa menjadikannya sebagai cemilan atau campuran dalam sayur asam.

Kacang hijau – makanan pelancar asi
Kandungan bitamin B1 serta protein, fosfor, mangan, tiamin, kalium, magnesium, dan asam folat mampu untuk mencukupi kebutuhan energy serta protein ibu menyusui. Energy yang dibutuhkan oleh ibu menyusui jauh lebih besar jika dibandingkan dengan dengan ibu hamil, oleh karenanya kacang hijau sangat disarankan untuk dikonsumsi. Cara mengkonsumsinya cukup mudah, bisa anda olah menjadi bubur kacang hijau.

Edamame – makanan pelancar asi
Edamame dikenal dengan kedelai jepang yang menjadi sumber protein nabatai dengan kandungannya Vitamin K, mangan, zat besi, magnesium, asam folat, Vitamin C, fosfor, dan kalium. Jika anda mengkonsumsi edamame maka produksi asi anda akan bertambah karena kandungan proteinnya yang tinggi. Untuk mengkonsumsinya, anda bisa menjadikannya sebagai bubur edamame atau dijadikan sebagai cemilan.

Daun papaya – makanan pelancar asi
Daun dengan rasanya yang pahit ini ternyata banyak mengandung zat yang dapat melancarkan asi. Anda bisa mengkonsumsi daun papaya dengan cara di tumis, ataupun dijadikan campuran pecel. Untuk mengurangi rasa pahit anda bisa merebusnya bersamaan dengan daun singkong.

Bawang putih – makanan pelancar asi
Ternyata bawang putih yang biasa dipakai sebagai bumbu makanan dapat bermanfaat untuk melancarkan asi. Penelitian menunjukan bahwa ibu yang memasak dengan mencampurkan bawang putih dapat meningkatkan jumlah asi.

ASI boster tea – makanan pelancar asi
Selain dengan cara-cara diatas, anda dapat melancarkan serta memperbanyak ASI dengan cara mengkonsumsi pelancar ASI ASI boster tea. ASI boster tea termasuk minuma alami dan aman untuk ibu dan bayi. Berdasarkan penelitian, ASI boster tea dapat meningkatkan produksi ASI dalam 4 jam hingga 900% pada 1200 wanita.

Menurut WHO, ASI wajib diberikan kepada bayi selama 6 bulan pertama. kemudian bisa dilanjutkan dengan MPASI yang kaya dengan nutrisi + ASI sampai usia 2 tahun. ASI menjadi makanan terbaik dari semua nutrisi yang bisa diberikan ke bayi. Jadi anda ibu menyusui harus berusaha untuk bisa melancarkan ASI. Jika produksi ASI anda sudah lancar, maka anda tidak perlu lagi memberi bayi anda dengan susu formula.

ASI Booster Tea memiliki izin dari DEPKES RI 172/1334/2003
ASI booster tea terdiri dari berbagai tanaman yang berasal dari ASIa selatan serta mediterania yang sudah terbukti menghASIlkan kuantitas ASI yang aman untuk bayi dan sang ibu. Kandungan yang terdapat dalam ASI booster tea adalah
– Fenugreek seed
– Fennel powder
– Fenugreek powder
– ANISE, Malunggay
– Fennel Seeds
– Habbatussauda

Bagaimana Cara menyajikan ASI Booster Tea?
– Rebus 1 sendok ASI booster tea dengan dua gelas air (500ml) untk satu kali minum.
– Rebus selama 30 menit dengan api yang sedang. Tunggu sampai berubah menjadi cokelat pekat kemudia anda saring.
– Bisa disajikan dalam keadaan mASIh panas atau dingin dan bisa juga ditambah dengan pemanis seperti gula atau madu
– Minumlah 3 kali sehari untuk hASIl yang maksimal. Setelah ada peningkatan, dikurangi secara bertahap menjadi dua cangkir sehari hingga satu cangkir sehari.
– Perbanyak minum air minimal 1,5 liter air putih sehari
– Tidak disarankan untuk ibu hamil.
Catatan : 1 Botol ASI Booster Tea dapat dikonsumsi hingga 1 Bulan. tergantung dari pemakaian

Testimoni yang telah mengkonsumsi ASI Booster Tea
“..Bayi saya tinggal ke Inggris selama 3 minggu, selama di inggris dan di pesawat sudah memeras susu tetapi tetap mASIh sedikit ASInya. Saya tetap berusaha terus dan sambil saya minum ASI booster tea, alhamdulillah sekarang bisa mengalir lancar lg..”
dr. Maftuhah Nurbeti, MPH (dokter dan dosen FK UII Yogyakarta)

Nah, itulah makanan pelancar sekaligus dapat memperbanyak ASI. Selalu berikan ASI kepada bayi anda agar bayi anda tumbuh dengan sehat dan kuat. Semoga bermanfaat. Sebarkan ke yang lain supaya ikut mendapatkan manfaatnya juga.

loading...

Incoming search terms:

  • makanan pelancar asi selain katuk

Leave a Reply

error: Content is protected !!