Inilah Tips Cara Menyusui Bayi Yang Benar Yang Belum Anda Ketahui

Cara menyusui yang benar – Cara menyusui bayi yang benar haruslah diketahui oleh sang ibu menyusui. Proses menyusui sendiri merupakan proses alami yang harus dilakukan oleh ibu ketika sang bayi sudah lahir. Namun siapa disangka, tidak semua ibu bisa menyusui dengan benar dan lancar. Alhasil, air susunya tidak bisa keluar dengan lancar. Oleh karenanya, pengetahuan mengenai cara menyusui yang benar sangat diperlukan oleh ibu hamil ataupun ibu menyusui.

cara menyusui yang benar agar tidak lecet

Cara menyusui yang benar

Tips menyusui bayi yang benar


ASi mengandung 400 nutrisi yang sempurna yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi sang bayi. Dengan pemberian ASI secara eksklusif hingga 6 bulan sampai 2 tahun dapat membantu menekan resiko radang paru-paru (pneumonia), sakit infeksi telinga, radang pencernaan (gastroenteritis), serta membantu kecerdasan sang bayi. Untuk bisa menyusui dengan mudah serta menyenangkan, ada beberapa hal yang harus dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut :
– Pastikan sang ibu dalam kondisi nyaman serta rileks. Anda bisa memposisikan kepala bayi lebih tinggi dibandingkan dengan tubuhnya. Hal ini bertujuan untuk memudahkan bayi untuk menelan ASI. Sang ibu juga bisa menyangga dengan tangan atau bantal.
– Ketika bayi sudah mau membuka mulutnya, segera dekatkan mulutnya pada payudara. Anda bisa menunggu sampai terbuka lebar mulut bayi dengan posisi lidah kea rah bawah. Jika masih belum terbuka, anda bisa membantu bayi dengan menyentuh lembut bibir bagian atas bayi.
– Posisi perlekatan yang terbaik saat menyusui adalah asimstris. Mulut bayi tidak hanya menempel pada put*ng tetapi pada bagian bawah payudara yang berwarna gelap. Posisi peelekatan seperti ini menjadi syarat yang penting untuk menyusui bayi dengan benar.
– Tanda-tanda perlekatan sudah benar yaitu ketika sang ibu sudah tidak lagi merasakan nyeri saat bayi menyusui serta bayi mendapatkan ASI yang cukup.
– Biasanya bayi memerlukan waktu 5 hingga 40 menit untuk menyusui sesuai dengan kebutuhannya. Biasanya diperlukan waktu untuk bisa beradaptasi supaya proses menyusui berjalan lancar.

Perlengkapan Menyusui yang Diperlukan


Untuk bisa menyusui dengan benar dan nyaman, sang ibu garus menggunakan BH khusus menyusui yang memiliki pengait serta kancing pada bagian depan yang terbuka. Bagi sang ibu ini bermanfaat untuk menghindari tersumbatnya saluran asi serta menghindari terjadinya peradangan jaringan payudara.

Sang ibu dapat menggunakan bantalan payudara yang diselipkan pada bagian depan BH untuk mencegah kebocoran ASI pada BH. Bagi yang berencana untuk memerah ASI dapat membeli pompa ASI yang nyaman untuk digunakan. Jika diperlukan, sang ibu bisa berkonsultasi dengan bidan atau konsultan laktasi.

Cara Menyusui Bayi Yang Benar


1. segera berikan asi sesegera mungkin setelah bayi baru saja lahir. Anda bisa meminta bidan untuk membawakan sang bayi ke pangkuan sang ibu.
2. Biasakan untuk mencuci tangan dengan sabun sebeleum menyusui.
3. Anda bisa memerah sedikit kolostrum atau ASI serta mengoleskannya pada daerah put*ng dan sekitarnya.
4. Anda bisa menyusui dengan duduk atau berbaring dengan santai
5. Letakan bayi dengan menghadap ke ibu dengan posisi :
– Perut bayi yang menempel pada perut ibu.
– Dagu bayi yang menempel pada payudara.
– Telinga dan lengan bayi yang berada dalam satu garis lurus.
– Mulut bayi yang terbuka lebar serta menutupi daerah gelap sekitar put*ng susu.
6. Untuk membuka mulut bayi, anda bisa menyentihkan put*ng pada mulut atau pipi bayi
7. Setelah mulut bayi terbuka, anda bisa segera memasukan put*ng ke bagian besar daerah yang berwarna gelap ke dalam mulut bayi
8. Berikan ASi sampai payudara kosong sebelum pindah ke payudara yang lain.

Cara Melepaskan Put*ng payudara dengan benar dari Mulut Bayi


Anda dapat melepasakan put*ng dengan cara menekan dagu bayi kea rah bawah atau dengan cara memasukan jari ibu diantara mulut bayi dan payudara ibu.

Cara Memeras ASI yang benar dengan Tangan


Untuk memeras asi, bidan akan menganjurkan anda untuk mencuci tangan terlbih dahulu. Setelah itu anda bisa memulainya dengan :
1. Duduk senyaman mungkin
2. Dekatkan atau letakan gelas dekat dengan payudara anda
3. Letakan ibu jari pada payudara (put*ng serta aerola)
4. Tekanlah ibu jari dan telunjuk ke dalam ke arah dada. Tekanlah dengan lembut dan jangan terlalu keras karena kan mengganggu aliran ASI
5. Kemudian tekan payudara Ibu ke belakang puting serta areola diantara jari telunjuk serta ibu jari.
6. Lalu tekan serta lepaskan, tekan serta lepaskan. Lakukan langkah 6 ini dengan tidak menyakitkan atau tidak membuat ibu terasa nyeri
7. Hindari memelintir put*ng atau menggosok-gosok payudara
8. Peras payudara anda setidaknya selama 5 menit hingga aliran asi keluar
9. Simpan asi yang keluar

Posisi Menyusui Yang Benar


Setelah anda mengetahui bagaimana cara menyusui yang benar, maka langkah selanjutnya adalah anda harus mengetahui posisi-posisi yang benar untuk menyusui. Tujuan anda harus mengetahui posisi menyusui yang benar adalah supaya bayi serta anda merasa nyaman ketika menyusui. Berikut posisi menyusui yang bisa anda terapkan untuk menyusui.

Posisi The cradle
Posisi cradle sangat baik untuk di terapkan pada bayi yang baru lahir. Bagaimana caranya? anda harus memastikan bahwa punggung anda benar-benar mendukung untuk posisi ini. Selalu jaga bayi anda di perut anda supaya kulit anda serta kulit bayi anda bersentuhan. Biarkan saja tubuh bayi anda menghadap ke anda serta letakan kepala anda pada siku anda.

Posisi The cross cradle hold
Posisi ini sangat bagus sekali untuk bayi yang terlahir premature atau ibu dengan payudara yang kecil. Bagaimana caranya? masing-masing lengan mendukung tubuh bayi dan lengan satunya mendukung kepala bayi. kontrol utama pada posisi menyusui ini adalah pada kepala bayi.

Posisi The football hold
Posisi ini merupakan posisi terbaik bagi ibu yang melahirkan melalui operasi caesar atau untuk ibu dengan payudara besar. Bagaimana carannya? Peganglah bayi disamping anda dengan kakinya di belakang anda sert bayi yang terselip dibawah lengan anda yang seolah-olah memegang bola kaki. Untuk menerapkan posisi ini anda harus membutuhkan bantal untuk menopang bayi.

Posisi Saddle hold
Posisi cara ini paling menyenangkan untuk menyusui dalam posisi sedang duduk. Cara ini bisa anda gunakan jika bayi anda sedang pilek atu sakit telinga. Caranya bagaimana? Anda tinggal memposisikan bayi anda duduk tegak dengan kakinya yang membelakangi anda sendiri.

Posisi The lying position
Posisi ini dilakukan dengan berbaring dan akan memberikan kesempatan yang lebih banyak bagi anda untuk bisa bersantai serta tidur malam lebih banyak. Pada saat menyusui, anda bisa tidur. Bagaimana caranya? anda tinggal mendukung punggung serta kepala bayi dengan bantal. Pastikan perut bayi anda menyentuh anda.

Demikian cara menyusui yang benar yang harus anda terapkan dalam menyusui bayi anda dari tips menyusui yang benar hingga posisi menyusui yang benar. Semoga bermanfaat. Bantu sebarkan ke yang lain supaya ikut mendapatkan manfaatnya juga.

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!