Cara Melancarkan Asi : Panduan Melancarkan Asi Pasca Melahirkan

Cara melancarkan ASI – ASI atau air susu ibu merupakan makanan utama sang bayi yang baru saja lahir. Bayi yang baru lahir tidak membutuhkan makanan tambahan selain ASI. ASI sudah menjadi makanan yang cukup untuk memenuhi nutrisinya. Untuk memenuhi nutrisi ASI, maka ada beberapa cara yang harus dilakukan sang ibu.

cara melancarkan asi sebelum melahirkan

Cara melancarkan asi

Berdasarkan penelitian, ASI yang diberikan secara special kepada bayi di enam bulan pertama dapat memberikan manfaat yang bisa dirasakan sang bayi dalam jangka panjang. Selain itu, bayi yang diberikan ASI, cenderung lebih sehat dan tahan terhadap resiko alergi serta infeksi telingan dan meningitis.

Cara melancarkan ASI


Banyak cara yang bisa dilakukan sang ibu untuk melancarkan sekaligus memperbanyak ASI, diantaranya adalah sebagai berikut.

Memberikan ASI secara terus-menerus
Pada minggu pertama mehairkan biasanya ASI yang diberikan belum bisa teratur. Walaupun demikian, berikan ASI selama sang bayi membuthkannnya. Anda dapat memberikan ASI setiap 2 jam sekali. Kenapa demikian, karena biasanya bayi minum ASI sebanyak 12 kali dalam sehari semalam. Jika bayi anda tidur pulas, maka anda perlu membangunkannya untuk diberikan ASI. Semakin sering anda memberikan ASI pada sang bayi, maka produksi ASI anda semakin bertambah. Hal ini terjadi karena hormon prolaktin senantiasa terus merangsang untuk memproduksi ASI.

Istirahat yang cukup
Istirahat yang cukup sangat penting untuk menjaga stabilitas produksi ASI. Jika bayi anda sedang tidur maka anda dianjurkan untuk ikut tidur juga.

Hindari cemas
Selama fisik anda sehat serta mental anda juga sehat, anda tidak perlu cemas akan kekurangan ASI. Karena anda akan tetap dapat memproduksi ASI dengan cukup. selama bayi anda baik saja, maka bayi akan terus mengkonkonsumsi ASI dan ASI pun terus di produksi.

Mengelola stres
Selama proses menyusui, anda disarankan untuk dapat mengelola stress dengan baik. Jika anda tidak dapat mengelola stress, maka produksi ASI anda dapat terhambat. Anda dapat meminta bantuan pasangan anda untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Semua itu dapat meringankan pekerjaan anda sehingga anda bisa menyusui dengan tenang.

Saling berbagi dengan ibu menyusui lainnya
Berkumpul dan bertemu dengan sesame ibu menyusui dapat membantu anda untuk saling bertukar pikiran tentang bagaimana cara mereka memperbanyak ASI. Anda juga bisa saling memberi semangat untuk bisa berhASIl memberi ASI secara special kepadasang buah hati.

Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui


Selama masa menyusui, anda harus mendapatkan asupan kalori sebanyak 300-500 kalori setiap hari. Anda juga tidak perlu mengkonsumsi makanan tertentu untuk memperbanyak ASI. Yang anda perlukan adalah cemilan dan makanan sehat yang dapat menjaga kualitas ASI anda. makanan seperti apa yang dapat menjaga kualitas ASI anda? berikut daftarnya.
– Serat dapat anda peroleh dari buah-buahan, sayur-sayuran, dan sereal.
– Protein dapat anda peroleh dari nutrisi telur, daging, ikan, dan kacang-kacangan.
– Makanan bertepung dapat anda peroleh dari dari kentang, pasta, nASI, dan roti gandum utuh.
– Susu atau olahan susu dapat anda peroleh dari keju dan yoghurt.
Buah dan sayuran disarankan untuk dikonsumsi sebanyak lima porsi dalam sehari sebagai pendukung dalam menambah cairan tubuh.

Cukupi kebutuhan cairan
Seorang ibu yang menyusui dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan air putih. Kenapa demikian, karena jika anda kekurangan air maka produksi ASI juga bisa berkurang. Selalu sediakan air putih disamping anda. jika anda merasa haus, segera minumlah air putih. Jika urine anda berwarna kuning pekat, maka perbanyaklah untuk minum air putih.

Jus juga bisa anda konsumsi asalkan tidak mengandung pemanis dan tidak lebih dari 150 ml per hari. Hindari juga mengkonsumis minuman yang mengandung kafein. Maksimal minum kopi tiga cangkir sehari. Kandungan kafein yang terdapat pada ASI bisa berdampak pada bayi yang susah tidur.

Vitamin
Vitamin yang disankan bagi anda adalah vitamin D sebanyak 10mcg setiap harinya. Anda dapt memperoleh vitamin d dari makanan yang anda makan.

Ob*t-ob*tan
Selama masa menyusui anda dilarang untuk minum obat KB.

Melancarkan ASI dengan ASI boster


Selain dengan cara-cara diatas, anda dapat melancarkan serta memperbanyak ASI dengan cara mengkonsumsi pelancar ASI ASI boster tea. ASI boster tea termasuk minuma alami dan aman untuk ibu dan bayi. Berdasarkan penelitian, ASI boster tea dapat meningkatkan produksi ASI dalam 4 jam hingga 900% pada 1200 wanita.

Menurut WHO, ASI wajib diberikan kepada bayi selama 6 bulan pertama. kemudian bisa dilanjutkan dengan MPASI yang kaya dengan nutrisi + ASI sampai usia 2 tahun. ASI menjadi makanan terbaik dari semua nutrisi yang bisa diberikan ke bayi. Jadi anda ibu menyusui harus berusaha untuk bisa melancarkan ASI. Jika produksi ASI anda sudah lancar, maka anda tidak perlu lagi memberi bayi anda dengan susu formula.

ASI Booster Tea memiliki izin dari DEPKES RI 172/1334/2003
ASI booster tea terdiri dari berbagai tanaman yang berasal dari ASIa selatan serta mediterania yang sudah terbukti menghASIlkan kuantitas ASI yang aman untuk bayi dan sang ibu. Kandungan yang terdapat dalam ASI booster tea adalah
– Fenugreek seed
– Fennel powder
– Fenugreek powder
– ANISE, Malunggay
– Fennel Seeds
– Habbatussauda

Bagaimana Cara menyajikan ASI Booster Tea?
– Rebus 1 sendok ASI booster tea dengan dua gelas air (500ml) untk satu kali minum.
– Rebus selama 30 menit dengan api yang sedang. Tunggu sampai berubah menjadi cokelat pekat kemudia anda saring.
– Bisa disajikan dalam keadaan mASIh panas atau dingin dan bisa juga ditambah dengan pemanis seperti gula atau madu
– Minumlah 3 kali sehari untuk hASIl yang maksimal. Setelah ada peningkatan, dikurangi secara bertahap menjadi dua cangkir sehari hingga satu cangkir sehari.
– Perbanyak minum air minimal 1,5 liter air putih sehari
– Tidak disarankan untuk ibu hamil.
Catatan : 1 Botol ASI Booster Tea dapat dikonsumsi hingga 1 Bulan. tergantung dari pemakaian

Testimoni yang telah mengkonsumsi ASI Booster Tea
“..Bayi saya tinggal ke Inggris selama 3 minggu, selama di inggris dan di pesawat sudah memeras susu tetapi tetap mASIh sedikit ASInya. Saya tetap berusaha terus dan sambil saya minum ASI booster tea, alhamdulillah sekarang bisa mengalir lancar lg..”
dr. Maftuhah Nurbeti, MPH (dokter dan dosen FK UII Yogyakarta)

Nah, itulah cara melancarkan sekaligus memperbanyak ASI. Selalu berikan ASI keoada bayi anda agar bayi anda tumbuh dengan sehat dan kuat. Semoga bermanfaat. Sebarkan ke yang lain supaya ikut mendapatkan manfaatnya juga.

loading...

Leave a Reply

error: Content is protected !!